"Kisah pengusaha sukses Sandiaga Salahudin Uno"






"Kisah pengusaha sukses Sandiaga Salahudin Uno"

Pria yang bernama lengkap Sandiaga Salahudin Uno, yang akrab di kenal Sandiaga Uno. Ia adalah salah satu pengusaha sukses muda di indonesia. Pria kelahiran rumbai pekan baru riau, pada tanggal 28 juni 1969, ia pernah mengalami kegagalan dalam karirnya, lamaran kerjanya pernah di tolak 25 perusahaan.
Sebelumnya ia pernah berkuliah di luar negeri tepatnya di Wichita State University, Amerika Serikat dan lulus dengan predikat Summa Cumlaude.

Selepas lulus kuliah ia kemudian bekerja pada perusahaan milik konglomerat Astra, William Soeryadjaya. Kinerjanya yang bagus membuat Sandiaga Uno kemudian diberikan beasiswa untuk melanjutkan kuliahnya di George Washington University, Amerika Serikat. Ia menyelesaikannya dengan predikat Summa Cumlaude.

Setelah menyelesaikan kuliahnya, ia kemudian bekerja di Singapura sebagai manajer investasi. Setelahnya ia pindah ke Kanada dan bekerja di posisi Vice President di NTI Resources Ltd.

Badai krisis moneter 1997, membuat perusahaan tempat Sandiaga Uno gulung tikar. Ia kemudian kembali ke Indonesia dengan status pengangguran.

Sebagai pengangguran, ia terus mencari pekerjaan yang cocok. 25 lamaran yang ia masukkan ke banyak perusahaan ditolak semua. Pengalaman adalah guru yang terbaik. Sandiaga Uno akhirnya mencoba membuat perusahaan jasa konsultan keuangan bersama temannya Rosan Perkasa Roeslani.

Perlu beberapa bulan hingga ada perusahaan yang menggunakan jasa perusahaan Sandiaga Uno ini. Setelahnya pada tahun 1998, bersama dengan Edwin Soeryadjaya, ia kemudian mendirikan perusahaan investasi bernama PT Saratoga Investama Sedaya.

Model bisnis perusahaan Sandiaga Uno ini yakni mengakuissi perusahaan yang memiliki kinerja keuangan buruk. Kemudian memperbaikinya dan setelah kinerjanya bagus kemudian dijual dengan harga yang tinggi.

Perusahaannya ini berkembang pesat sebagai salah satu perusahaan inverstasi terbaik. Nama Sandiaga Uno kemudian mulai dikenal sebagai salah satu pengusaha muda yang sukses.

Ia pernah menjadi CEO di beberapa perusahan yakni Saratoga Capital, PT Tower Bersama Infrastruktur Group Tbk, PT Adaro Energy Tbk, serta di PT Recapital Advisor.

Pada tahun 2018, Sandiaga Uno masuk dalam jajaran daftar orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan sebesar 4.3 triliun rupiah menurut majalah Globe Asia.

"Pelajaran/ inspirasi yang dapat di petik dari kisah Sandiaga Salahudin Uno"

Kegagalan jangan dijadikan suatu alasan untuk menyerah dan putus asa, pelajaran yang dapat di ambil dari kisah ini, bahwa kerja keras dan usaha serta tekat yang kuat tidak akan mengkhianati hasil. jadikan kegagalan sebagai motivasi untuk diri sendiri agar menjadi lebih baik dari sebelumnya. kita harus tettap berusaha, jika jatuh bangkit kembali, dan jadikan pengalaman sebagai guru terbaik dalam hidup.

Komentar

Postingan Populer