Aspek Pemasaran Dalam Berwirausaha - Tugas Kewirausahaan
Aspek Pemasaran Dalam Berwirausaha - Tugas Kewirausahaan
Aspek Pemasaran Dalam Berwirausaha
Ada
beberapa aspek pentinng dalam berwirausaha :
Pemasaran
Pemasaran
adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang di tujukan
untuk merencanakan,menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang
dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli
potensial. Mempertemukan kebutuhan dengan pemenuhan kebutuhan.
Segmentansi dan Target Pasar
•
Segmentasi pasar adalah membagi pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang
berbeda yang mungkin memerlukan produk yang berbeda pula.
•
Segmentasi bisa berdasarkan geografik, demografik, psikografik, perilaku.
•
Setelah melakukan segmentasi perlu ditentukan pasar sasaran atau target pasar.
Posisi Pasar dan Posisi Produk
•
Posisi pasar ditujukan untuk mengarahkan konsumen sesuai dengan yang
diharapkan.
•
Penentuan posisi pasar terkait posisi produk berdasarkan atribut (harga),
kesempatan penggunaan (fungsi), kelas pengguna (dewasa atau anak-anak),
langsung menghadapi pesaing (penantang pasar), kelas produk (ex.sabun
kecantikan atau kesehatan)
Strategi Pemasaran
•
Strategi Pemasaran adalah pendekatan unit bisnis untuk mencapai tujuan
perusahaan atau mencakup keputusan pokok target pasar, penempatan produk,
gabungan pemasaran, dan biaya yang di perlukan.
•
Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terdiri dari strategi Product, Price,
Place, and Promotion.
PRICE
Penentuan
harga disesuaikan dengan tujuan perusahaan:
•
Untuk bertahan hidup • Untuk memaksimalkan laba
•
Untuk memperbesar market share • Pertimbangan mutu produk
•
Karena pesaing
PROMOTION
Advertising,
Personal Selling, Sales Promotion, Public Relation and Publicity, Direct
Marketing
Survey Pasar
•
Suksesnya memulai usaha sangat tergantung pada hasil penelitian pasar atau
survey pasar. Memang benar untuk memilih jenis usaha dan jenis produk tidak
lepas dari kebutuhan pasar dan perilaku calon konsumen.
•
Ada beberapa cara dalam melakukan survey pasar yaitu :
a. datang langsung ke tempat di mana kita akan
mendirikan usaha
b. membuat daftar pertanyaan dalam bentuk angket untuk
mengetahui bagaimana selera pasar, dan
c. mengumpulkan data dan informasi tentang prospek
usaha dari pihak-pihak yang terkait atau internet dan sebagainya.
Kepuasan Pelanggan
•
Penuhi Hak –hak konsumen, adapun hak-hak konsumen adalah :
- Hak atas keselamatan
-
Hak untuk di beritahu
-
Hak untuk memilih
-
Hak untuk didengar
Komentar
Posting Komentar