Mengenal Potensi Diri

 "Tugas Motivasi Usaha - MENGENAL POTENSI DIRI"


       Manusia diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa sebagai makhluk paling sempurna di antara makhluk makhluk ciptaan Tuhan lainnya. Manusia dianugerahi cipta, rasa, dan karsa. Ketiga hal tersebut yang disebut potensi dasar.

       Dengan daya cipta, manusia mampu menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan diri sendiri atau dimanfaatkan oleh orang lain. Melalui perasaan, manusia mampu merasakan atau membedakan mana yang baik atau mana yang buruk. sedangkan dengan karsa, manusia mempunyai kemauan untuk melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu.

       Beberapa daftar potensi diri yang dimiliki :

  1. Memiliki Idealisme
  2. Dinamisdan Kreatif
  3. KeberanianMengambil Resik
  4. Optimis dan Kegairahan Semangat
  5. Kemandirian dan Disiplin Murni
  6. Fisik yang Kuat dan Sehat
  7. Terampil dalam Menerapkan IPTEK
  8. Kompetitif
  9. Daya Pikir yang Kuat
  10. Memiliki Bakat

    Strategi yang digunakan untuk memaksimalkan potensi diri :

  • Mencoba hal hal baru 

meluangkan waktu untuk mengeksplorasi aktivitas, keterampilan, atau keahlian baru yang diinginkan. Memberi sedikit kejutan dengan mendorong diri sendiri berada di luar zona kenyamanan. Melakukan hal itu akan memberi dorongan inovatif bagi diri.

  • Selalu mengejar impian

Dengan mengejar impian kita sudah memiliki tekat dalam tujuan, melakukan sesuatu yang bukan hanya pekerjaan semata, tapi juga mampu memberikan kebahagiaan karena telah melakukannya.

  • Selalu menjadi seseorang yang open minded

Keterbukaan pikiran  mau menerima atau mempertimbangkan ide, pemikiran, dan paham yang baru dan/atau berbeda dengan yang telah diketahui. 

* Potensi diri yang sedang dilakukan : Selalu menjadi diri sendiri, selalu bersyukur dengan apa yang telah di capai, selalu berusaha menjadi pribadi yang lebih baik.

* Potensi diri yang belum dilakukan : belum mampu untuk mengontrol emosi 

* Potensi diri yang sudah dilakukan : mengejar impian, selalu melakukan hal hal baru 

Komentar

Postingan Populer